Kenali 10 Hal Tentang Jurusan Software Engineering

Jurusan Software Engineering

Jurusan Software Engineering – Menentukan jurusan kuliah yang tepat harus melalui pertimbangan yang matang. Tidak hanya menyesuaikan jurusan saja, tetapi Kamu harus melihat prospek lulusan setelah selesai kuliah nanti. Bila Kamu masih bingung tapi tertarik dengan jurusan kuliah berbasis teknologi, ketahui berbagai hal tentang jurusan Software Engineering.

10 Hal Tentang Jurusan Software Engineering

1. Pengertian jurusan

Software Engineering atau Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) merupakan jurusan kuliah yang mempelajari tentang pengembangan, pembuatan, pemeliharaan, dan manajemen organisasi perangkat lunak.

Baca Juga : Mengenal Beberapa Mata Kuliah Software Engineering

2. Alasan memilih jurusan Software Engineering

Ada berbagai alasan kenapa seseorang memilih jurusan ini sebab menawarkan banyak manfaat, misalnya Kamu bisa mengembangkan financial technology, bisa mengembangkan sistem sesuai kebutuhan perusahaan, bisa merintis bisnis sendiri, dan alasan lainnya.

3. Mata kuliah yang dipelajari

Kamu akan mempelajari mata kuliah seru seperti pengantar Software Engineering, Interaksi Komputer Manusia, Organisasi dan Arsitektur Komputer, Pengembangan Sistem Berorientasi Objek, Arsitektur Enterprise, dan masih banyak matkul lainnya.

4. Kemampuan yang wajib dimiliki

Syarat masuk jurusan Software Engineering yang memiliki passing grade wajib memiliki kemampuan matematika yang bagus, analis, tekun, kreatif, rasional, logis, bisa memecahkan masalah, disiplin, dan lainnya.

5. Peluang penerimaan jurusan

Bila masuk PTN, maka Kamu harus bersaing dengan lulusan lain agar bisa masuk lewat jalur reguler. Namun, Kamu juga bisa memilih jalur penerimaan Mandiri sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Meski kampus swasta bisa lebih longgar terkait penerimaan mahasiswa, tetapi Kamu harus tetap memiliki kriteria masuk jurusan ini, misalnya lulusan SMA IPA atau SMK RPL lebih direkomendasikan.

6. Peluang pekerjaan

Kamu bisa bekerja menjadi pengembang website, analis komputer, konsultan IT, programmer, arsitektur aplikasi, dan lain-lain.

7. Gaji profesi software engineer

Rata-rata gaji pekerja di bidang RPL cukup tinggi dan kompetitif, bahkan Kamu yang memiliki skill mumpuni bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta rupiah per bulan.

8. Pilihan kampus

Kamu bisa kuliah di kampus negeri atau swasta sesuai pilihan masing-masing. Di Indonesia, jurusan ini mulai populer dan diminati banyak lulusan SMA/SMK.

9. Biaya kuliah Software Engineering

Biaya kuliah Software Engineering bervariasi tergantung kampus yang Kamu incar. Tentu biaya kuliah di PTN lebih terjangkau dengan sistem UKT, sedangkan Kamu juga bisa memilih kuliah di PTS ternama di Indonesia yang memiliki jurusan Software Engineering kredibel dengan akreditasi. Dari contoh salah satu kampus negeri di Jogja, biaya kuliah Software Engineering per semester sebesar 4,3 juta rupiah sebagai referensi.

10. Peluang beasiswa dan kerja di luar negeri

Lulusan Software Engineering yang profesional dan berprestasi punya peluang melanjutkan kuliah di luar negeri. Pilihan kampus luar negeri menawarkan beasiswa yang menarik, bahkan Kamu punya kesempatan bekerja dan mendapatkan pengalaman magang di perusahaan segala sektor di luar negeri, lho!

Kemampuan coding, bahasa pemrograman hingga database Kamu bisa menjadi bekal sukses di era digital ini. Sepuluh hal tentang jurusan Software Engineering di atas bisa menjadi acuan agar Kamu giat belajar dan lolos seleksi masuk.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *